Laman

Rabu, 08 Oktober 2014

Nabi Yunus A.S

  Nabi Yunus AS diutus oleh Allah SWT kepada sebuah kaum yang sangat durhaka kepada Allah SWT, kemaksiatan meraja lela siang ataupun malam. Nabi Yunus AS berdakwah dikaum tersebut tidak mengenal lelah, beliau disebut orang yang tidak waras oleh sebagian kaumnya. Beliau jg selain dicaci maki sering pula di lukai, namun beliau tetaplah bersabar mengemban tugas dari Allah SWT untuk mentauhidkan kaum yang sesat yang dzolim dan sangat buruk akhlaknya.

  Namun setelah beberapa lama Nabi Yunus dirundung rasa putus asa, beliau mulai berfikir bahwa usahanya untuk menyadarkan umat tidaklah berhasil. Umat yang beliau dakwahkan sama sekali tidak berubah malah~malah semakin menjadi keburukannya, ejekannya bahkan beliau pernah pinsan akibat luka yang diakibatkan serangan kaumnya sendiri.Akhirnya Nabi Yunus AS memutuskan untuk berhijrah menggunakan kapal laut menyeberang lautan.

  Di tengah laut perahu yang di tumpangi beliau oleng, sehingga sang Nakhoda kapal memerintahkan kepada seluruh penumpang membuang sebagian barang bawaannya ke lautan.Namun usaha tersebut sia~sia kapal masih tetap oleng bahkan mungkin akan tenggelam apabila dibiarkan. Akhirnya semua penumpang kapal bermusyawarah hingga akhirnya mencapai kesepakatan bahwasanya satu diantara mereka harus ada yang dikorbankan yakni dibuang ke lautan.Semua penumpang menuliskan nama~nama mereka tak terkecuali sang nakhoda untuk diundi, barang siapa yang namanya keluar maka dialah yang akan diceburkan ke laut. Dan undian pun dimulai tak disangka nama yang pertama kali keluar adalah nama Nabi Yunus AS, melihat kondisi fisik Nabi Yunus yang terlihat tua, maka undian pun diulang kembali, tapi hasilnya tetaplah sama lagi~lagi nama beliau yang keluar.Hingga sampai dengan ketiga kalinya nama beliau keluar.Maka tidak ada jalan bagi beliau untuk menghindari takdirnya yakni diceburkan ke lautan.

   Setelah diceburkan beliau ditelan oleh ikan paus yang sangat besar.Atas izin Allah SWT beliau masih bisa hidup didalam perut Ikan Paus, selama beberapa lama. Didalam perut ikan paus Nabi Yunus bertaubat kepada Allah atas kesalahannya meninggalkan kaumnya dalam keadaan yang belum beriman.Beliau meninggalkan tugas ke rosulannya sehingga beliau terus menerus bertaubat sehingga Allah mengabulkan do'a beliau dan menyuruh ikan Paus tersebut memuntahkannya di sebuah tepi pantai. Akhirnya beliau kembali ke kaumnya berbeda dari sebelumnya kini kebanyakan kaumnya telah beriman dan menyambut dengan hangat kedatangan Nabi Yunus AS.red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar